Selasa, 22 November 2016

Jelaskan Apa Itu SEO,SEM,SMM,dan SMO(Tugas 4)


Apa itu SEO
SEO (Search Engine Optimization) merupakan metode optimasi yang membantu meningkatkan kemampuan suatu website untuk dicatatkan pada halaman pertama dari hasil pencarian organik. Banyak sekali buku atau artikel yang membahas tentang SEO, tetapi semua adalahuntuk satu tujuan dan jika kita tetap berpegang pada aturan dasar penulisan konten dan link building berkualitas, maka itu adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan pengunjung website di search engine.


Apa itu SEM
SEM  (Search Engine Marketing) istilah ini sering di sama artikan dengan SEO, memang kedua istilah ini memiliki asal & makna yang sangat dekat, tetapi mereka berbeda satu sama lain. SEM adalah Penggunaan iklan online pada halaman hasil mesin pencari untuk membantu pengunjung menemukan suatu website. SEM sering menggunakan sistem pay-per-click (PPC), dimana si pengiklan hanya akan dikenakan biaya ketika seseorang mengklik iklan mereka. SEM biasanya melibatkan iklan berbayar seperti Adwords, iklan Bing, Yahoo dan metode lain dari iklan online.


Apa itu SMM
SMM (Social Media Marketing) merupakan sebuah metode gratisan atau berbayar untuk memperoleh trafik tertarget menuju website dengan mengandalkan Facebook, Twitter ,LinkedIn, Pinterest, YouTube, Google+ dan jaringan sosial media lainnya. Bisa dikatakan bahwa SMM merupakan upaya dongkrak “nilai jual” sebuah website melalui sosial media, entah itu gratisan atau berbayar via pemasangan iklan.

SMM terbagi menjadi dua area dasar yakni Social Media Optimization (SMO) dan Social Media Advertising (SMA). Tujuan utama SMO yaitu meningkatkan jumlah trafik tertarget menuju website melalui aktivitas sosial di dunia maya seperti blogging, tulis update status di sosial media, terlibat diskusi grup, sosial bookmarking, viral, manajemen reputasi online, polling atau rating pengguna, feedback, tombol sharing dan penggunaan situs berbagi foto dan video.

Sedangkan tujuan utama SMA yaitu meningkatkan jumlah trafik tertarget sebuah website melalui layanan iklan dari jaringan sosial media. Metode ini mewajibkan pemilik website membayar layanan agar iklan promosi muncul di laman sosial media seluruh pengguna demi dongkrak “nilai jual” dan pengikut (follower).










Apa itu SMO
SMO (Social Media Optimization), yakni sebuah metode meningkatkan jumlah trafik tertarget menuju website via aktivitas sosial media. SMO bisa dikatakan sebagai proses meningkatkan kesadaran pengguna internet terhadap produk, merek atau promosi event via layanan sosial media beserta komunitas untuk publisitas secara viral.
SMO juga melibatkan penggunaan RSS feed, situs bookmarking, sosial media, situs blogging dan sharing video/photo. Secara garis besar SMO serupa SEO, yakni bertujuan menggiring trafik menuju website. Akan tetapi metode ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Social Media Marketing.




kesimpulannya adalah untuk SEM dan SMO adalah metode yang dapat kita gunakan sendiri tapi untuk SEM dan SMM harus menggunakan anggaran. SEM dan SMM akan membuat hasil yang lebih cepat dicapai, tetapi memiliki batas waktu sesuai dengan anggaran yang di keluarkan. Sedangkan SEO dan SMO adalah solusi jangka panjang, jika dilakukan dengan benar, dapat terus membawa hasil yang diinginkan untuk bisnis Anda.


Daftar Pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar